22 September, 2018

Contoh RPP Pemrograman Dasar K13 Dan Silabus







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah                  :    SMK Islam Sudirman 2 Ambarawa
Kompetensi Keahlian       :    Teknik Komputer dan Jaringan
Mata Pelajaran                 :    Pemrograman Dasar
Kelas / Semester               :    XI / Ganjil
Tahun Ajaran                   :    2018/2019
Alokasi Waktu                 :    12 X 45 Menit
 

A.     Kompetensi Inti
3.      Pengetahuan
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Teknik Komputer dan Jaringan pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional
4.      Katerampilan
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Teknik Komputer dan Jaringan. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

B.     Kompetensi Dasar
3.1 Menerapkan alur logika pemrograman komputer
4.1 Membuat alur logika pemrograman komputer
C.     Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1.1 Menjelaskan algoritma pemrograman
3.1.2 Menerapkan algoritma pemrograman dalam menyelesaikan masalah
3.1.3 Menjelaskan algoritma pemrograman menggunakan flowchart
3.1.4 Menerapkan flowchart dalam menyelesaikan masalah
4.1.1 Membuat alur program menggunakan text (algoritma)
4.1.2 Membuat program menggunakan simbol (flowchart)
D.     Tujuan Pembelajaran
Setelah berdiskusi dan menggali informasi, peserta didik akan dapat:
1.      Menjelaskan algoritma pemrograman
2.      Menerapkan algoritma pemrograman dalam menyelesaikan masalah
3.      Menjelaskan algoritma pemrograman menggunakan flowchart
4.      Menerapkan flowchart dalam menyelesaikan masalah
Setelah mempraktikan, peserta didik akan dapat:
1.      Membuat alur program menggunakan text (algoritma)
2.      Membuat program menggunakan simbol (flowchart)
E.      Materi Pembelajaran
·         Algoritma Pemrograman
·         Flowchart
F.      Pendekatan, Model dan Metode Pembelajaran
Pendekatan                                    : Saintifik (scientific)
Strategi                               : Cooperative learning
Model Pembelajaran          : Problem based learning
Metode                              : Diskusi

G.     Media, Bahan dan Sumber Pembelajaran


a.       Laptop
b.      LCD
c.       Spidol
d.      Software Programming
e.       Komputer
f.       Slide Presentasi
g.       Internet


H.     Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1,2(6 x 45 menit)
No.
Kegiatan
Waktu
1
Guru mengkondisikan kesiapan peserta didik dalam proses KBM:
·         Memberi salam
·         Berdoa
·         Menanyakan kabar peserta didik (kenyamanan dan kesiapan peserta didik dalam belajar)
·         Mengecek kehadiran peserta didik
·         Guru menyampaikan KI, KD, IPK, tujuan pembelajaran dan materi pokok pembelajaran
·         Menyampaikan cakupan materi dan urutan kegiatan
·         Apersepsi berupa gambaran umum aplikasi materi terhadap realisasinya dalam pekerjaan
·         Memberikan penjelasan tentang pentingnya penerapan K3 dalam menggunakan Perangkat Keras dan Perangkat Lunak
·         Menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan.
10 menit
2
Kegiatan Inti

Mengamati (Stimulation)
Guru meminta peserta didik untuk membaca buku tentang Algoritma Pemrograman dan Flowchart(Literasi)
Peserta didik membaca buku tentang Algoritma Pemrograman dan Flowchart

Menanya Pernyataan / Identifikasi masalah (Problem Statement)
Guru mengajukan pertanyaan kepada peserta didik terkait Algoritma Pemrograman dan Flowchart
Peserta didik menjawab pertanyaan terkait Algoritma Pemrograman dan Flowchart

Mengumpulkan informasi (Data Collection)
Guru meminta peserta didik untuk mencari informasiAlgoritma Pemrograman dan Flowchart
Peserta didik menggali informasi Algoritma Pemrograman dan Flowchart
Peserta didik menyampaikan hasil dan kelompok lain menganggapi terkait Algoritma Pemrograman dan Flowchart

Menalar / Pembuktian (Data processing dan Verification)
Guru menugaskan peserta didik untuk berdiskusi dalam kelompok tentang Algoritma Pemrograman dan Flowchart
Peserta didik berdiskusi tentang Algoritma Pemrograman dan Flowchart

Mengkomunikasikan / Menarik simpulan / generalisasi (Generalization)
Guru dan Peserta didik menyimpulkan tentangAlgoritma Pemrograman dan Flowchart
250 menit
3
Penutup
Guru melakukan evaluasi pelajaran yang telah dilaksanakan
Guru merefleksikan kegiatan KBM yang sudah dilakukan
Guru menginformasikan hal-hal yang perlu dipersiapkan untuk pertemuan berikutnya
Guru mengkondisikan peserta didik dan kelas sebelum pelajaran diakhiri
·         Cek kebersihan
·         Cek jumlah peserta didik
·         Berdoa
·         Salam
10 menit

I.        Penilaian Hasil Pembelajaran
1.      Instrumen dan Teknik Penilaian
a.       Teknik Penilaian
No.
Aspek yang dinilai
Tekni Penilaian
Waktu Penilaian
1.
Pengetahuan
Tertulis
Saat pembelajaran
2.
Keterampilan
Penugasan
Saat pembelajaran/ Setelah pembelajaran
3.
Sikap
Penilaian diri/Observasi
Saat pembelajaran/ Setelah pembelajaran

b.      Instrumen Penilaian
1)      Pengetahuan
Penilaian pengetahuan dengan tes tertulis
No.
Pertanyaan
Bobot
1.
1.      Uraikan tentang sistem operasi jaringan (SOJ)!
2.      Ada banyak SOJ yang dapat dipergunakan untuk server. SOJ apa saja yang anda diketahui?
3.      Uraikan tentang perbedaan antara SOJ dengan sistem operasi yang dipakai perseorangan?
100

Nilai Akhir (NA)
100

Kunci Jawaban
No.
Jawaban
1.


Keterampilan
No.
Jawaban
1
·         Skor 0 bila tidak menjawab
·         Skor 30 bila jawaban salah
·         Skor 50 bila jawaban kurang benar
·         Skor 75 bila jawaban mendekati benar
·         Skor 100 bila jawaban benar

2)      Keterampilan
Penilaian ketrampilan dengan praktik tentang  Flowchart
No.
Aspek
Rentang Skor
1.
Persiapan
20
2.
Proses
50
3.
Hasil
20
4.
Waktu
10

Nilai Akhir (NA)
100

3)      Sikap
Penilaian Sikap melalui Penilaian Diri
No.
Aspek Pengamatan
TP
KD
SR
SL
1.
Saya berdoa sebelum belajar




2.
Saya bersemangat mengikuti pelajaran




3.
Saya mengerjakan sendiri ulangan harian/tugas




4.
Saya terlibat aktif dalam bekerja menyelesaikan tugas kelompok





Keterangan :
1  = TP  : Tidak pernah
2  = KD : Kadang – kadang
3  = SR  : Sering
4  = SL  : Selalu
Pedoman penilaian
Nilai Akhir :
3,51 – 4,00 : Sangat Baik (SB)
2,51 – 3,50 : Baik (B)
1,51 – 2,50 : Cukup (C)
1,00 – 1,50 : Kurang (K)

2.      Analisis Hasil Penilaian
·         Analisis hasil penilaian diadakan setelah diadakan tes formatif
·         Hasil analisis penilaian menentukan perlu tidaknya diadakan remedial atau pengayaan
3.      Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
·         Bagi peserta didik yang memperoleh nilai kurang dari 75 diadakan remedi.
·         Apabila jumlah peserta didik yang remidi 75% atau lebih maka diadakan pembelajaran remedial.
·         Bagi peserta didik yang memperoleh nilai 75 atau lebih maka diadakan pengayaan.





Mengetahui,
 Kepala SMK Islam Sudirman 2



Nurdiansyah A.W, S.T,M.Kom









SILABUS MATA PELAJARAN
Nama Sekolah
:
SMK Islam Sudirman 2 Ambarawa
Bidang Keahlian
:
Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kompetensi Keahlian
:
Teknik Komputer dan Jaringan
Mata Pelajaran
:
Pemrograman Dasar
Durasi (Waktu)
:
96 JP
Kelas/Semester
:
X (Sepuluh) /Ganjil
KI-3 (Pengetahuan)
:
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Teknik Komputer dan Jaringan pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional
KI-4 (Keterampilan)
:
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Teknik Komputer dan Jaringan. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung



Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Materi Pokok
Alokasi Waktu (JP)
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
1
2
3
4
5
6
3.1     Menerapkan alur logika pemrograman komputer

4.1     Membuat alur logika pemrograman komputer
3.1.1  Menjelaskan algoritma pemrograman
3.1.2  Menerapkan algoritma pemrograman dalam menyelesaikan masalah
3.1.3  Menjelaskan algoritma pemrograman menggunakan flowchart
3.1.4  Menerapkan flowchart dalam menyelesaikan masalah

4.1.1  Membuat alur program menggunakan text (algoritma)
4.1.2  Membuat program menggunakan simbol (flowchart)
·      Algoritma Pemrograman
·      Flowchart
12
·      Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang alur logika pemrograman komputer.
·      Mengumpulkan data tentang penerapan alur logika pemrograman komputer.
·      Mengolah data tentang penerapan alur logika pemrograman komputer.
·      Mengomunikasikan tentang penerapan alur logika pemrograman komputer.
Pengetahuan:
·      Tes Tertulis
Keterampilan:
·      Observasi
3.2     Memahami perangkat lunak bahasa pemrograman

4.2     Melakukan Instalasi perangkat lunak bahasa pemrograman
3.2.1  Menjelaskan berbagai perangkat lunak bahasa pemrograman komputer
3.2.2  Menjelaskan prosedur instalasi berbagai perangkat lunak bahasa pemrograman komputer
3.2.3  Mengoperasikan  prosedur instalasi berbagai perangkat lunak bahasa pemrograman komputer

4.2.1  Menginstalasi perangkat lunak bahasa pemrograman
4.2.2  Menguji hasil instalasi perangkat lunak bahasa pemrograman
·      Perangkat lunak bahasa pemrograman komputer
·      Menginstalasi perangkat lunak bahasa pemrograman komputer
·      Menguji hasil instalasi perangkat lunak bahasa pemrograman komputer
12
·      Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang berbagai perangkat lunak bahasa pemrograman komputer, prosedur instalasi, dan pengujian hasil instalasi.
·      Mengumpulkan data tentang berbagai perangkat lunak bahasa pemrograman komputer, prosedur instalasi, dan pengujian hasil instalasi
·      Mengolah data tentang berbagai perangkat lunak bahasa pemrograman komputer, prosedur instalasi, dan pengujian hasil instalasi.
·      Mengomunikasikan tentang berbagai perangkat lunak bahasa pemrograman komputer, prosedur instalasi, dan pengujian hasil instalasi.
Pengetahuan:
·      Tes Tertulis
Keterampilan:
·      Observasi
3.3     Menerapkan alur pemrograman dengan struktur bahasa pemrograman komputer

4.3     Menulis kode pemrogram sesuai dengan aturan dan sintaks bahasa pemrograman
3.3.1  Mengoperasikan editor untuk lingkungan kerja perangkat lunak bahasa pemrograman komputer
3.3.2  Menerapkan struktur penulisan kode/perintah program pada bahasa pemrograman komputer
3.3.3  Menerapkan prosedur menjalankan dan menguji kode program pada bahasa pemrograman komputer

4.3.1  Membuat kode program sederhana menggunakan bahasa pemrograman komputer
4.3.2  Menguji kode program pada bahasa pemrograman komputer

·      Editor, lingkungan kerja bahasa pemrograman komputer
·      Struktur program bahasa pemrograman komputer
·      Menguji kode program bahasa pemrograman komputer
12
·      Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang editor/lingkungan kerja, struktur program, pengujian bahasa pemrograman komputer.
·      Mengumpulkan data tentang editor/lingkungan kerja, struktur program, pengujian bahasa pemrograman komputer
·      Mengolah data tentang editor/lingkungan kerja, struktur program, pengujian bahasa pemrograman komputer.
·      Mengomunikasikan tentang editor/lingkungan kerja, struktur program, pengujian bahasa pemrograman komputer.
Pengetahuan:
·      Tes Tertulis
Keterampilan:
·      Penilaian Unjuk Kerja
·      Observasi
3.4     Menerapkan penggunaan tipe data, variabel, konstanta, operator, dan ekspresi

4.4     Membuat kode program dengan tipe data, variabel, konstanta, operator dan ekspresi
3.4.1  Menjelaskan berbagai tipe data dan sintak penulisan
3.4.2  Menjelaskan variabel dan dan sintak penulisan
3.4.3  Menjelaskan berbagai operator dan sintak penulisan
3.4.4  Menjelaskan ekspresi dan sintak penulisan
3.4.5  Menerapkan berbagai tipe data, variabel, konstanta, operator, dan ekspresi sesuai dengan permasalahan yang akan diselesaikan dengan program

4.4.1  Membuat aplikasi program yang menerapkan tipe data, variabel/konstanta
4.4.2  Membuat aplikasi program yang menerapkan tipe data, variabel/konstanta, operator, ekspresi
·      Tipe data
·      Variabel
·      Konstanta
·      Operator
·      Ekspresi
4
·      Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang penggunaan tipe data, variabel, konstanta, operator, dan ekspresi.
·      Mengumpulkan data tentang penggunaan tipe data, variabel, konstanta, operator, dan ekspresi
·      Mengolah data tentang penggunaan tipe data, variabel, konstanta, operator, dan ekspresi pemrograman komputer.
·      Mengomunikasikan tentang penggunaan tipe data, variabel, konstanta, operator, dan ekspresi.
Pengetahuan:
·      Tes Tertulis
Keterampilan:
·      Penilaian Unjuk Kerja
·      Observasi
3.5     Menerapkan operasi aritmatika dan  logika

4.5     Membuat kode program dengan operasi aritmatika dan logika
3.5.1  Menjelaskan operator aritmatika
3.5.2  Menjelaskan operator logika
3.5.3  Menerapkan operasi aritmatika dan logika untuk menyelesaikan masalah perhitungan aritmatika dan logika

4.5.1  Membuat aplikasi operasi aritmatika
4.5.2  Membuat aplikasi operasi logika
·      Operator aritmatika
·      Operator logika
·      Operasi aritmatika
·      Operasi logika
8
·      Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang operasi aritmatika dan  logika.
·      Mengumpulkan data tentang operasi aritmatika dan  logika
·      Mengolah data tentang operasi aritmatika dan  logika.
·      Mengomunikasikan tentang operasi aritmatika dan  logika.
Pengetahuan:
·      Tes Tertulis
Keterampilan:
·      Penilaian Unjuk Kerja
·      Observasi
3.6     Menerapkan struktur kontrol Percabangan dalam bahasa pemrograman

4.6     Membuat kode program struktur kontrol percabangan
3.6.1  Menjelaskan statement/perintah untuk kontrol percabangan
3.6.2  Menerapkan statement/perintah untuk kontrol percabangan tidak bersyarat
3.6.3  Menerapkan statement/perintah untuk kontrol percabangan sederhana
3.6.4  Menerapkan statement/perintah untuk kontrol percabangan bertingkat
3.6.5  Menerapkan statement/perintah untuk kontrol percabangan bersarang

4.6.1  Membuat aplikasi percabangan tidak bersyarat
4.6.2  Membuat aplikasi percabangan sederhana
4.6.3  Membuat aplikasi percabangan bertingkat
4.6.4  Membuat aplikasi percabangan bersarang
·      Struktur percabangan
·      Percabangan tidak bersyarat
·      Percabangan sederhana
·      Percabangan bertingkat
·      Percabangan bersarang
12
·      Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang struktur kontrol Percabangan dalam bahasa pemrograman.
·      Mengumpulkan data tentang struktur kontrol Percabangan dalam bahasa pemrograman
·      Mengolah data tentang struktur kontrol Percabangan dalam bahasa pemrograman.
·      Mengomunikasikan tentang struktur kontrol Percabangan dalam bahasa pemrograman
Pengetahuan:
·      Tes Tertulis
Keterampilan:
·      Penilaian Unjuk Kerja
·      Observasi
3.7     Menerapkan struktur kontrol Perulangan dalam bahasa pemrograman

4.7     Membuat kode program struktur kontrol perulangan
3.7.1  Menjelaskan statement/perintah untuk perulangan
3.7.2  Menerapkan statement/perintah untuk kontrol perulangan sederhana
3.7.3  Menerapkan statement/perintah untuk kontrol perulangan bersarang

4.7.1  Membuat aplikasi perulangan sederhana
4.7.2  Membuat aplikasi perulangan bersarang
·      Struktur perulangan
·      Percabangan sederhana
·      Perulangan bertingkat
·      Percabangan bersarang
12
·      Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang struktur kontrol Perulangan dalam bahasa pemrograman
·      Mengumpulkan data tentang struktur kontrol Perulangan dalam bahasa pemrograman
·      Mengolah data tentang struktur kontrol Perulangan dalam bahasa pemrograman
·      Mengomunikasikan tentang struktur kontrol Perulangan dalam bahasa pemrograman
Pengetahuan:
·      Tes Tertulis
Keterampilan:
·      Penilaian Unjuk Kerja
·      Observasi


Ambarawa,   Juli 2018

Guru Mata Pelajaran,



Hendro Wibowo, S.T








0 komentar:

Posting Komentar