Nama Sekolah : SMK Islam Sudirman 2
Ambarawa
Kompetensi
Keahlian : Teknik Komputer dan Jaringan
Mata
Pelajaran : Pemrograman Dasar
Kelas / Semester : XI / Ganjil
Tahun Ajaran : 2018/2019
Alokasi
Waktu : 12 X 45 Menit
A. Kompetensi
Inti
3. Pengetahuan
Memahami,
menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual,
konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan
lingkup kerja Teknik Komputer dan Jaringan pada tingkat teknis, spesifik,
detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian
dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan
internasional
4. Katerampilan
Melaksanakan
tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang
lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Teknik
Komputer dan Jaringan. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan
kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan
keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif,
kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu
melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan
keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir,
menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah
pengawasan langsung.
B. Kompetensi
Dasar
3.1 Menerapkan alur logika pemrograman komputer
4.1 Membuat alur logika pemrograman komputer
C. Indikator
Pencapaian Kompetensi
3.1.1 Menjelaskan algoritma pemrograman
3.1.2 Menerapkan algoritma pemrograman dalam
menyelesaikan masalah
3.1.3 Menjelaskan algoritma pemrograman menggunakan
flowchart
3.1.4 Menerapkan flowchart dalam menyelesaikan masalah
4.1.1 Membuat alur program menggunakan text (algoritma)
4.1.2 Membuat program menggunakan simbol (flowchart)
D. Tujuan
Pembelajaran
Setelah berdiskusi dan menggali informasi, peserta didik
akan dapat:
1. Menjelaskan
algoritma pemrograman
2. Menerapkan
algoritma pemrograman dalam menyelesaikan masalah
3. Menjelaskan
algoritma pemrograman menggunakan flowchart
4. Menerapkan
flowchart dalam menyelesaikan masalah
Setelah mempraktikan, peserta didik akan dapat:
1. Membuat
alur program menggunakan text (algoritma)
2. Membuat
program menggunakan simbol (flowchart)
E. Materi
Pembelajaran
·
Algoritma Pemrograman
·
Flowchart
F. Pendekatan,
Model dan Metode Pembelajaran
Pendekatan :
Saintifik (scientific)
Strategi :
Cooperative learning
Model Pembelajaran :
Problem based learning
Metode :
Diskusi
G. Media,
Bahan dan Sumber Pembelajaran
a. Laptop
b. LCD
c. Spidol
d. Software
Programming
e. Komputer
f. Slide
Presentasi
g. Internet
H. Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan
1,2(6 x 45 menit)
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
Guru mengkondisikan kesiapan peserta didik dalam
proses KBM:
·
Memberi salam
·
Berdoa
·
Menanyakan kabar peserta didik (kenyamanan dan
kesiapan peserta didik dalam belajar)
·
Mengecek kehadiran peserta didik
·
Guru menyampaikan KI, KD, IPK, tujuan pembelajaran
dan materi pokok pembelajaran
·
Menyampaikan cakupan materi dan urutan kegiatan
·
Apersepsi berupa gambaran umum aplikasi materi
terhadap realisasinya dalam pekerjaan
·
Memberikan penjelasan tentang pentingnya penerapan
K3 dalam menggunakan Perangkat Keras dan Perangkat Lunak
·
Menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan
digunakan.
|
10 menit
|
2
|
Kegiatan Inti
Mengamati
(Stimulation)
Guru meminta peserta didik untuk membaca buku
tentang Algoritma Pemrograman dan Flowchart(Literasi)
Peserta didik membaca buku tentang Algoritma
Pemrograman dan Flowchart
Menanya
Pernyataan / Identifikasi masalah (Problem
Statement)
Guru mengajukan pertanyaan kepada peserta didik
terkait Algoritma Pemrograman dan Flowchart
Peserta didik menjawab pertanyaan terkait Algoritma
Pemrograman dan Flowchart
Mengumpulkan
informasi (Data Collection)
Guru meminta peserta didik untuk mencari
informasiAlgoritma Pemrograman dan Flowchart
Peserta didik menggali informasi Algoritma
Pemrograman dan Flowchart
Peserta didik menyampaikan hasil dan kelompok lain
menganggapi terkait Algoritma Pemrograman dan Flowchart
Menalar
/ Pembuktian (Data processing dan Verification)
Guru menugaskan peserta didik untuk berdiskusi dalam
kelompok tentang Algoritma Pemrograman dan Flowchart
Peserta didik berdiskusi tentang Algoritma
Pemrograman dan Flowchart
Mengkomunikasikan
/ Menarik simpulan / generalisasi (Generalization)
Guru dan Peserta didik menyimpulkan tentangAlgoritma
Pemrograman dan Flowchart
|
250 menit
|
3
|
Penutup
Guru melakukan evaluasi pelajaran yang telah dilaksanakan
Guru merefleksikan kegiatan KBM yang sudah dilakukan
Guru menginformasikan hal-hal yang perlu
dipersiapkan untuk pertemuan berikutnya
Guru mengkondisikan peserta didik dan kelas sebelum
pelajaran diakhiri
·
Cek kebersihan
·
Cek jumlah peserta didik
·
Berdoa
·
Salam
|
10 menit
|
I.
Penilaian Hasil Pembelajaran
1.
Instrumen dan Teknik Penilaian
a. Teknik
Penilaian
No.
|
Aspek yang dinilai
|
Tekni Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
1.
|
Pengetahuan
|
Tertulis
|
Saat pembelajaran
|
2.
|
Keterampilan
|
Penugasan
|
Saat pembelajaran/ Setelah
pembelajaran
|
3.
|
Sikap
|
Penilaian diri/Observasi
|
Saat pembelajaran/ Setelah
pembelajaran
|
b. Instrumen
Penilaian
1) Pengetahuan
Penilaian
pengetahuan dengan tes tertulis
No.
|
Pertanyaan
|
Bobot
|
1.
|
1. Uraikan tentang sistem operasi jaringan (SOJ)!
2. Ada banyak SOJ yang dapat dipergunakan untuk server. SOJ apa saja yang
anda diketahui?
3. Uraikan tentang perbedaan antara SOJ dengan sistem operasi yang
dipakai perseorangan?
|
100
|
Nilai Akhir (NA)
|
100
|
Kunci
Jawaban
No.
|
Jawaban
|
1.
|
Keterampilan
No.
|
Jawaban
|
1
|
·
Skor 0 bila tidak menjawab
·
Skor 30 bila jawaban salah
·
Skor 50 bila jawaban kurang benar
·
Skor 75 bila jawaban mendekati benar
·
Skor 100 bila jawaban benar
|
2) Keterampilan
Penilaian
ketrampilan dengan praktik tentang
Flowchart
No.
|
Aspek
|
Rentang Skor
|
1.
|
Persiapan
|
20
|
2.
|
Proses
|
50
|
3.
|
Hasil
|
20
|
4.
|
Waktu
|
10
|
Nilai Akhir (NA)
|
100
|
3) Sikap
Penilaian
Sikap melalui Penilaian Diri
No.
|
Aspek Pengamatan
|
TP
|
KD
|
SR
|
SL
|
1.
|
Saya berdoa sebelum belajar
|
||||
2.
|
Saya bersemangat mengikuti pelajaran
|
||||
3.
|
Saya mengerjakan sendiri ulangan harian/tugas
|
||||
4.
|
Saya terlibat aktif dalam bekerja menyelesaikan
tugas kelompok
|
Keterangan
:
1 = TP :
Tidak pernah
2 = KD : Kadang – kadang
3 = SR :
Sering
4 = SL :
Selalu
Pedoman
penilaian
Nilai
Akhir :
3,51 –
4,00 : Sangat Baik (SB)
2,51 –
3,50 : Baik (B)
1,51 –
2,50 : Cukup (C)
1,00 –
1,50 : Kurang (K)
2.
Analisis Hasil Penilaian
·
Analisis hasil penilaian diadakan setelah diadakan tes
formatif
·
Hasil analisis penilaian menentukan perlu tidaknya
diadakan remedial atau pengayaan
3.
Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
·
Bagi peserta didik yang memperoleh nilai kurang dari 75
diadakan remedi.
·
Apabila jumlah peserta didik yang remidi 75% atau lebih
maka diadakan pembelajaran remedial.
·
Bagi peserta didik yang memperoleh nilai 75 atau lebih
maka diadakan pengayaan.
Mengetahui,
Kepala SMK Islam Sudirman 2
Nurdiansyah
A.W, S.T,M.Kom
SILABUS MATA
PELAJARAN
|
Ambarawa, Juli 2018
Guru Mata
Pelajaran,
Hendro
Wibowo, S.T
|
0 komentar:
Posting Komentar